Cara Menjaga Dan Merawat Kesehan Ibu Hamil Serta Janin

Senin, 20 Maret 2017

Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Tepat

with 0 Comment
Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Tepat - Cara menghitung usia kehamilan sangatlah beragam, beberapa cara menghitung usia kehamilan dalam minggu bisa di lakukan sendiri. Diantaranya menggunakan aplikasi yang sudah banyak sekali tersebar di internet. Atau bisa juga menggunakan hitungan manual dengan rumus atau perkiraan.

Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Tepat
Cara Menghitung Usia Kehamilan

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Banyak manfaat setelah mengetahui usia kandungan Anda diantaranya memilih makanan yang tepat untuk sang bayi, menghindari makanan-makanan yang memang tidak layak untuk di konsumsi ibu hamil karena bisa menimbulkan resiko tertentu yang mengakibatkan perkembangan janin terganggu. Anda juga bisa memberikan yang terbaik ketika mengetahui usia janin yang anda kandung.

Setiap pasangan memang menunggu-nunggu kehamilan terjadi, bagi pasangan yang baru menikah atau yang ingin mempunyai keturunan lagi. Kehamilan menjadi salah satu hal yang menyenangkan sekaligus anugerah yang indah yang di berikan oleh Tuhan untuk melangsungkan keturunan.

Mereka tidak sabar menanti kelahiran sang buah hati sekaligus untuk melengkapi keluarga baru mereka. Untuk itu sambil menunggu kita harus merawat titipan atau bayi yang ada dalam kandungan dengan tepat, baik tentu saja dengan mengetahui usia kehamilan ini akan berdampak sangat baik bagi perkembangan bayi. 

Kami sengaja sharing kali ini bagaimana cara mengetahui usia kehamilan Anda dalam minggu. Caranya adalah sebagai berikut :

Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Manual

Usia kehamilan dapat di hitung dimulai dari hari pertama haid terakhir yang sering disebut dengan HPHT. Umumnya usia kehamilan sekitar 280 hari atau 40 minggu. Apabila anda pergi ke dokter yang paling sering di gunakan oleh dokter sebagai patokan usia kehamilan yaitu dalam minggu tidak menggunakan bulan. Hitungan minggu di anggap lebih akurat daripada hitungan bulan. Untuk itu menghitung dalam minggu bisa menggunakan pilihan cara yang bisa anda coba antara lain seperti dibawah ini.

Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Kalender

Bisa menggunakan hitungan kalender, cara ini sering digunakan dan memang pada umumnya orang menggunakan cara klasik ini. Anda juga bisa menggunakan metode cara menghitung usia kehamilan dengan syarat anda harus mengetahui siklus haid.

Rumus perhitungan menggunakan kalender yaitu dengan menghitung HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) setelah itu tanggal yang sudah di dapat dari HPHT di hitung dengan menggunakan rumus Naegele. Untuk mendapatkan keakuratan dari perhitungan kalender yaitu dengan memperhatikan siklus haid yang teratur biasanya antara 28 sampai dengan 30 hari. Contoh perhitungan sebagai berikut :

Cara Menghitung Usia Kehamilan:

Cara menghitung usia kehamilan contoh HPHT adalah 16 Agustus, maka 16 September adalah bulan pertama, 16 Oktober bulan kedua, dan seterusnya..
Menghitung Hari Pertama Lahir / HPL :
Rumus : dirumuskan HPHT-7, bulan HPHT-3, dan tambahkan 1 pada tahunnya
Syarat :
Akan tetapi jika bulannya tidak bisa dikurang tiga alias bulan Januari-Maret, maka jumlahkan dengan 9, tetapi pada tahunnya tidak usah ditambahkan 1

Contoh :
22 Juli 2015 maka hari (22-7), bulan (7-3), tahun (2015+1) hasilnya : 15 april 2016 dan biasanya di kasih kurang dan tambah dari 7 hari kurang lebih kelahiran bayi anda adalah 8-22 Juli 2016.

Sistem Fundus Uteri

Selanjutnya bisa menggunakan cara fundus uteri cara ini bisa juga di gunakan namun keakuratannya tidak bisa di pastikan 100 persen. Caranya adalah dengan menghitung panjang atau jarak antara tulang kemaluan sampai puncak rahim. Raba pada bagian yang menonjol di perut. Apabila jaraknya mencapai 26 cm maka perkiraan usia kehamilan pada saat itu memasuki ke 26 minggu. Jadi intinya menggunakan cara ini adalah apabila panjang setiap 2 jari menandakan 2 minggu usia kehamilan.

Deteksi Gerakan Janin

Cara lainnya dengan mengetahui atau memperhatikan gerakan janin. Apabila janin yang sedang di kandung ibu hamil sudah mulai bisa bergerak dalam perut dan bisa merasakan bisa jadi usia kehamilan Anda sekarang memasuki minggu ke 18 sampai 20 minggu. Cara ini bisa digunakan apabila anda pertama kali hamil jadi memang belum pernah hamil sama sekali sebelumnya. Apabila ibu hamil sudah pernah sebelumnya maka cara menghitungnya adalah gerakan tadi memasuki minggu ke 16 sampai 18 minggu.

Kalkulator Masa Subur

Selanjutnya menggunakan kalkulator masa subur, cara ini tergolong modern bisanya banyak aplikasi atau kalkulator yang sudah di buat di internet. Selain itu cara ini bisa digunakan apabila anda lupa dengan HPHT. Jadi memang tidak rumit, khusus bagi anda yang lupa sebaiknya ketahui usia kehamilan anda dengan cara menggunakan kalkulator ini. 

Selain itu perhitunggannya tidak terlalu rumit. Yaitu dengan menggunakan aplikasi, menggerakkan mouse secara melingkar sesuai dengan kondisi ibu hamil maka akan otomatis usia kehamilan, tanggal lahir anak dan kondisi janin akan muncul. 

Cara ini sebenarnya merupakan gambaran secara umum saja. Memang untuk lebih akurat anda bisa menggunakan cara yang pertama di atas degan menghitung secara manual menggunakan kalender.

Cara Menghitung Usia Kehamilan Metode Modern

Selain itu anda bisa berkonsulati ke dokter atau memerikasakan kandungan anda dengan menggunakan alat yang dikenal dengan USG atau Ultrasonografi. Metode medis ini dikenal luas oleh masyarakat dan memang pada saat ini sudah menggunakan cara modern ini. Karena memang berkembang pesat dan lebih akurat. Untuk keakuratannya sendiri bisa mencapai 95 persen. Jadi bagi ana yang tidak ingin ribet bisa menggunakan cara USG.

Dengan menggunakan USG beberapa data sudah bisa di dapatkan misalnya usia kehamilan pada saat ini, kapan kelahirannya, kemudian yang lebih lengkap lagi yaitu terdapat gambar janin dalam bentuk grafis 3 dimensi. Sungguh lengkap bukan, pemeriksaan dengan menggunakan sistem USG dikenal dengan dua jenis yaitu USG transvaginal dan USG transabdominal. 

Keduanya berbeda, kalau transvaginal pemeriksaan yang dilakukan melalui jalan lahir sedangkan transabdominal melalui dinding perut yang di scan dan kebanyakan memang untuk pengecekan janin dan perkembangannya.

Demikian tips di atas cara mengetahui usia kehamilan, pada saat ini yang paling umun dan sering digunakan dan masih bekembang di masyarakat yaitu cara kalender dan cara modern menggunakan alat USG dan kalkulator masa subur karena di kenal mudah dan lebih akurat daripada yang lain. Semoga tips ini dapat membantu anda dan bermanfaat. Semoga janin anda sehat selalu dan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Seputar Ibu Hamil (BUMIL) . Diberdayakan oleh Blogger.